Asyiknya Bermain Game Online VS Console Gaming

Bermain game online memang mengasyikkan dan menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama dengan sahabat dan saudara beramai-ramai. Menyisihkan sejumlah waktu senggang untuk sekedar bermain game favorit anda mampu menyegarkan pikiran stres akibat pekerjaan. Kita bisa memilih genre apapun yang tersedia di play store sesuai dengan kegemaran setiap pribadi orang.

Apabila anda menyukai adrenalin memacu kendaraan, silahkan temukan permainan adu balap seperti Asphalt dan sejenisnya. Rasakan sendiri sensasi balap liar tanpa batas sepuasnya dan tidak perlu khawatir akan resiko ditilang polisi atau menabrak pejalan kaki. Bahkan jika kita suka sekali bermain monopoli, di game online ada yang namanya Get Rich dengan modifikasi yang lebih dinamis.

Asyiknya Bermain permainan mobile VS Console Gaming

Dulu sekali kita tidak akan pernah menyangka bisa memainkan permainan rumit seperti pada smartphone sekarang ini. Jauh sebelum adanya game mobile online di ponsel, kita lebih akrab bermain di console seperti playstation atau nintendo. Anak kelahiran 90 an pastilah pernah memainkan playstation yang saat itu sedang booming di mana-mana termasuk Indonesia.

Siapa sih yang tidak ingat betapa serunya baku hantam bersama teman lewat tekken? Atau merasakan pengalaman membangun usaha dan merawat pertanian dari harvest moon? Begitu banyak game berkualitas yang tersedia di playstation generasi pertama tersebut.

Keadaan berlanjut dengan diluncurkannya ps2, ps3, dan terbukti selalu sukses di pasaran. Di tahun 2020, kita sudah bersiap atas hadirnya ps5 yang fenomenal dan dinantikan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Pergeseran Budaya Gaming Serba Online

Pada awal masa milenium yang ditandai dengan dimulainya tahun 2000 an, muncullah jenis permainan baru jenis online. Warga sangat antusias sekaligus penasaran serta menyambut baik teknologi yang masih terasa mewah saat itu. Biasanya kita hanya bisa bermain bersama teman yang hadir di rumah dengan console gaming saja.

Pergeseran Budaya Gaming Serba Online

Itu juga bermainnya harus gantian, sebab joysticknya terbatas paling banyak bisa dimainkan oleh dua orang. Walaupun bisa juga dengan bantuan alat khusus, slot joystick ditambah jadi 4 orang. Tapi sebagai konsekuensinya, kita harus rela berbagi layar alias tampilan pada televisi dibagi menjadi 4 bagian pula.

Sampai tiba waktunya lahirlah permainan adu tembak bernama counter strike yang membawa perubahan dunia gaming selamanya. Pada awalnya, game counter strike hanya bisa dinikmati secara LAN di warnet terdekat di rumah anda.

LAN berarti semua komputer di warnet tersebut akan terkoneksi sehingga bisa memainkan satu jenis game yang sama secara real time. Dengan demikian, kita memungkinkan untuk bermain bersama lebih banyak teman bahkan sampai puluhan sekaligus. Langsung terbayang tuh kenangan menggila teriak bareng temen sekolah sampai lupa waktu.

Pergeseran Budaya Gaming Serba Online

Setelah counter strike, kita juga sempat geger dengan permainan DOTA. Model sistem bermainnya juga bisa dikoneksikan antar komputer melalui LAN. Tapi tak lama kemudian, datanglah serangan invasi dari Korea Selatan yang membawa game legenda bernama Ragnarok.

Menggunakan koneksi internet yang kala itu masih tersendat, tetap saja game ini diserbu banyak remaja tanah air. Ragnarok telah membawa industri game ke level yang jauh melompat lebih tinggi lagi. Pemain yang online setiap harinya bisa masuk bersamaan hingga ratusan ribu jiwa! Terlalu banyak cerita manis yang terjadi setelahnya. Bahkan waktu itu kita pernah mendengar kisah pasangan yang menikah akibat berkenalan secara online dari game Ragnarok. Romantis ya?

Game Online Mobile Sebuah Terobosan Baru

Game Mobile Sebuah Terobosan Baru

Era warnet berlangsung cukup lama di jagat raya permainan online Indonesia. Banyak cafe internet bermunculan secara masif dan agresif ke seluruh pelosok negeri kita tercinta. Dalam suatu komplek perumahan saja, terkadang bisa kita temukan warnet yang jumlahnya mencapai puluhan lokasi.

Mereka tak segan membuka jasa internet secara berdempetan dengan kompetitor yang membuka bidang usaha sama persis. Sebabnya adalah permintaan kebutuhan jasa warnet ini sangat besar sehingga tumpah-tumpah. Segitu banyaknya warnet yang buka, tetap saja antrian membludak dan penuh sesak. Permainan pun semakin bervariasi mulai dari tembakan, golf, adu piano, hingga joget dengan adu cepat menekan anak panah di keyboard.

Permainan Mobile Sebuah Terobosan Baru1

5 tahun ke belakang, warnet mulai ditinggalkan penggemar setianya. Penyebabnya apalagi kalau bukan karena kehadiran game bombastis bernama clash of clan. Permainan COC bertujuan supaya playernya membangun kerajaan dan memperkuatnya dengan mencuri sumber daya kerajaan lawan.

Game ini sangat adiktif dan diminati hampir semua kalangan mulai dari abang terminal hingga direktur perusahaan. Berbagai kompetisi war antar clan pun sering diadakan secara rutin karena ramai peminat. Game mobile online lebih praktis karena hanya membutuhkan paket data dan bisa diakses melalui smartphone saja. Bosan? Suntuk? Gampang, tinggal raih ponsel lalu loading game mobile legends atau COC dan kawan-kawan. Simpel kan!